Workshop Metodologi Penelitian

Gambar: Suasana Workshop Metodologi

Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan juga merupakan usaha yang sistematis dan teroganisir untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. Dan metode Ilmiah adalah prosedur atau cara tertentu yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan yang disebut ilmu.

Kegiatan forum ilmiah berupa seminar tentang metodologi penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan penambahan wawasan dan pengetahuan tentang metodologi penelitian bagi dosen tetap Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (UBJ)  dalam melakukan penelitian dan membimbing mahasiswa melakukan penelitian untuk tugas akhirnya yaitu skripsi dan tesis.

Seminar ini diselenggarakan oleh UBJ yang di prakarsai oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, dengan narasumber adalah bapak Prof. Dr. Sucherly, S.E., M.Si beliau adalah seorang asesor dan pakar manajemen pemasaran stratejik dan mengajar metodologi penetian di program doktoral pasca Sarjana Univesitas Padjajaran Bandung.

Pelaksanaan kegiatan seminar tentang Metodologi Penelitian ini dilakukan pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2017 dari jam 13.00 – 17.00 WIB bertempat di Gedung Grha Summarecon Ruang Rapat Senat Lantai 3, Kampus II Bekasi. Pembicara dari Universitas Padjajaran (UNPAD) Prof. Dr. Sucherly, S.E., M.Si

Pelaksanaan kegiatan seminar tentang metodologi penelitian di mulai dengan pendaftaran peserta yang diikuti dengan pembukaan acara oleh Wakil Rektor I UBJ, Ibu Prof. Dr. Tri Widyastuti, SE.Ak., MM, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi metodologi penelitian oleh narasumber Bapak Prof. Dr. Sucherly, S.E., M.Si yaitu sebagai berikut :

1. Hubungan ilmu dengan pengetahuan

2. Thingking Process

3. Metode Ilmiah

4. Philosopy of Science

5. Sumber dan Cara Penentuan Data

6. Scientific Research Design

7. Konsistensi Pemikiran dalam Proses Penelitian

8. Research Types and Research Process

9. Scientific Research Process

10. Scientific Levels

11. Kriteria Penelitian Ilmiah

12. Thingking Methods – Scientific System – Scientific Method

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan pendalaman materi melalui diskusi lalu penutupan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *