PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “KETERAMPILAN MEMBUAT TOKO ONLINE ( E-COMMERCE ) PADA KOPERASI SYARIAH PESANTREN ENTREPRENEUR BEKASI UTARA”

PKM-TIF MEI 2017

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya belum lama ini melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Koperasi Syariah Pesantren Entrepreneur Bekasi Utara. Apa saja yang dilakukan ?

Kampus yang terletak di Kota Bekasi ini tidak hanya fokus dalam bidang pendidikan saja, tetapi juga dalam aksi sosial. Hal ini dibuktikan dengan program pengabdian masyarakat oleh Program Studi Teknik Informatika Ubhara Jaya yang dilaksanakan pada tanggal 06 sampai dengan 08 Mei 2017 di Koperasi Syariah Pesantren Entrepreneur Bekasi Utara yang beralamat di Rukan Emerald Commercial Blok UF No.08, Summarecon, Bekasi Utara yang diikuti oleh anggota koperasi yang berasal dari profesi yang beragam.

Kegiatan berupa pelatihan dan pengembangan keterampilan e-commerce, pembuatan toko online, digital marketing dengan menentukan domain dan hosting berbayar. Kegiatan tersebut diikuti oleh para anggota koperasi yang memiliki usaha unit kecil. Sebelum materi pelatiahan diberikan, terlebih dahulu dilakukan registrasi, prestest untuk mengetahui pengetahuan awal peserta mengenai e-commerce dan seluk beluknya. Setelah pelaksanaan pretest, materi diberikan kepada para peserta yang disambut antusias oleh peserta. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir dan mengajukan pertanyaan seputar e-commerce dan toko online.

Pemberian materi oleh Dosen Teknik Informatika Ubhara Jaya diawali dengan menjelaskan tentang e-commerce, penentuan nama hosting dan domain, dilanjutkan dengan materi digital marketing, kemudian penulisan laras bahasa iklan yang menarik.

Selain itu roleplay pembuatan toko online dilakukan oleh masing-masing peserta dengan dipandu oleh nara sumber yang bertujuan agar masing-masing peserta mengenal lebih jauh tentang toko online, sehingga kedepannya untuk membuat toko online sudah familiar sehingga tidak kaku.

Melalui kegiatan ini, kami berharap para peserta sudah mulai membiasakan diri secara langsung mengontrol proses pembuatan toko online yang dapat memasarkan produk-produk yang akan dijual melalui media online.