PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MS.OFFICE DAN TEKNIK PENULISAN YANG EFEKTIF”

PKM-TIF Nov.2017

Kemampuan penguasaan teknologi komputer dikalangan siswa sekolah menengah atas masih beragam. Sebagian sudah memiliki kemampuan yang baik dalam penggunaan teknologi komputer dalam membantu aktifitasnya. Adapun sebagian lainnya yang sudah  pernah mempelajari ilmu komputer yang berasal dari kalangan siswa-siswi tingkat SMA dan Mahasiswa, belum mampu menguasainya dengan baik dan tidak tahu bagaimana cara mengaplikasikannya dalam keseharian di lingkungan masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut diatas, dibutuhkan sebuah upaya pengabdian masyarakat guna membekali keterampilan/softskill yang dapat menunjang kemampuan, sehingga peserta mempunyai modal untuk bekerja dan bisa bersaing di dunia kerja. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan dasar komputer ini kepada siswa pada tingkat SMA/SMK. Keterampilan yang dimiliki siswa nantinya dapat menambah kemampuan dan pengetahuan bagi siswa sendiri.

Pelatihan peningkatan keterampilan Ms.Office dan Penulisan yang Efektif sebagai bagian dari pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dosen-dosen dari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya khususnya pada Program Studi Teknik Informatika. Kegiatan ini dilakukan oleh 4 orang Dosen yaitu Joniwarta, M.Si., Dwi Budi Srisulistiowati, S.Kom., M.M., Ratna Salkiawati, S.T., M.Kom., Abrar Hiswara, S.T., M.M., M.Kom. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu melatih ketrampilan siswa dalam penggunaan aplikasi Ms.Office dan meningkatkan keahlian dibidang Teknologi Informasi di panti asuhan Aisy’iyah di kota Bekasi. Lokasi yayasan berjarak sekitar kurang lebih 3 km dari lokasi Univesitas Bhayangkara Jakarta Raya kampus II (Bekasi). Pelatihan dilakukan mulai tanggal 17-20 November 2016 di Jalan Ki Mangun Sarkoro No.45, Kota Bekasi.

Harapannya dengan dilakukannya kegiatan pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kompetensi siswa dibidang aplikasi Microsoft Office dan memberikan pemahaman dasar mengenai Teknologi Informasi.