PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, “SOSIALISASI BANK SAMPAH DAN PELATIHAN PEMANFAATAN SAMPAH ANORGANIK”

Sebagai salah satu bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat berupa sosialisasi tentang pengelolaan bank sampah dan pelatihan membuat hasil kerajinan tangan dengan sampah anorganik.

Sosialisai dan pelatihan tersebut dilaksanakan di perumahan Taman Narogong Indah RW.17 Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bank sampah tersebut diikuti oleh perwakilan kelurahan, pengurus RT/RW setempat, perwakilan ibu-ibu PKK, anggota karang taruna, dan perwakilan warga. Materi sosialisasi yang diberikan terdiri pengenalan dan pelaksanaan kegiatan bank sampah, pembuatan kompos, dan pembuatan lubang biopori. Sedangkan materi pelatihan adalah membuat hasil kerajinan tangan seperti tas, tikar, tempat tisu dengan memanfaatkan sampah anorganik berupa bungkus kopi.

Pada pelaksanaan kegiatan bank sampah tersebut, tim dari Teknik Lingkungan Ubhara Jaya melakukan pemantauan mulai minggu ke-3 bulan Mei 2017 sampai bulan Februari 2018. Pemantauan dilakukan untuk memastikan pelaksanaannya apakah sudah sesuai konsep dan juga menginventarisasi kebutuhan-kebutuhan dan kendala yang dihadapi selama kegiatan tersebut.

#TL Ubhara Jaya